FILOSOFI, VISI DAN MISI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-HUSNA
(STAI ALTA) KOTA TANGERANG

1.     FILOSOFI
a.  Diciptakannya alam beserta isinya oleh Allah bukan tanpa alasan apalagi sisa-sisa, bumi sebagai hamparan dan langit sebagai naungan merupakan sarana dan bekal bagi mahluk yang bernama manusia, untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemaslahatan sesama.
b. Kesempurnaan manusia dari mahluk lainnya menjadikan dirinya sebagai pengemban amanah, penyeimbang, sekaligus pemelihara ekosistem, bagi kesinambungan alam beserta isinya dalam wujud dan dimensi ibadah kepada Allah.
c.  Pengabdian yang tulus, ibadah yang ikhlas dan u’amalah yang benar sesuai syari’at hanya akan dilakukan oleh mereka yang tidak sekedar beriman dan bertakwa, tapi berpengetahuan luas, cerdas dan inovatif. Serta senantiasa mengetengahkan akhlakul karimah dalam setiap sikap dan perilaku sosial.
d.  Perwujudan insan paripurna yang berakhlakul karimah, hanya dapat direalisasikan melalui proses panjang dan berkesinambungan dalam rangkaian pembinaan dan penanaman nilai-nilai kesempurnaan insani, penguasaan ilmu dan tekhnologi dalam tatanan penyelenggaraan pendidikan yang dikelola secara terencana, profesional dan berorientasi pada masa depan serta menjunjung tinggi prinsip keimanan, aqiqah ilahiyah, ukhuwah islamiyah dan mardatillah.
2.     VISI
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husna (STAI ALTA) mempunyai visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka dan menjadi andalan bagi masyarakat di Kota Tangerang khususnua dan masyarakat sekitar pada umumnya, sekaligus sebagai pusat pengembangan pendidikan islam dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan ilmu amaliah dan ilmiah yang dijabarkan sebagai berikut :
a.      Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husna (STAI ALTA) Kota Tangerang merupakan lembaga pendidikan tingkat tinggi yang dikelola dibawah naungan Yayasan Pendidikan Al-Husna  sebagai lembaga tertua, siap menjadi perguruan tinggi terkemuka dalam bidang pendidikan yang berwawasan ilmu amaliah dan amal ilmiah dalam meningkatkan kwalitas suberdaya manusia yang beriman dan berakhlakul karimah.
b.  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husna (STAI ALTA) Kota Tangerang  berupaya memelihara keutamaan sumberdaya manusia dan lingkungan dengan memanfaatkan seluruh potendi, sarana dan prasarana yang dimiliki dalam menghasilkan produk ilmiah yang berkwalitas dan bermanfaat bagi kemanusiaan dam pengembangan ilmu pengetahuan.
c.  Meningkatkan peran serta ummat dan masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan menuju terwujudnya masyarakat marhamah dalam wadah baldatun thayibatun wa rabbun ghafur.
3.     MISI
Mengacu pada filosofi da visi tersebut, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Husna (STAI ALTA) Kota Tangerang dalam kiprah dan perannya mempunyai misi sebagai berikut :
a.  Menghasilkan tenaga ahli yang profesional dalam bidang pendidikan yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah, bertanggung jawab, kreatif, inofatif dalam menghadapi tantangan masa depan.
b.  Mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi pendidikan salam meningkatkan kwalitas sumberdaya manusia khususnya insan pendidikan.
c.       Menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Husna (STAI ALTA) Kota Tangerang sebagai pusat pembinaan dam pengembangan pendidikan islam dalam mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah.
d.   Memberikan layanan kepada masyarakat pengguna jasa pendidikan dalam cita-cita dan pengembangan minat dan bakat di bidang pendidikanserta memberikan layanan kepada civitas akademikadalam meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan.
e.    Menyelenggarakan bentuk-bentuk kerjasama dengan berbagai pihak dan lembaga, negeri dan swasta sebagai wujud pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar